Transportasi di Singapura

Singapura terkenal sebagai salah satu negara paling maju dibidang transportasinya. Transportasi publik di Singapura sangat memadai dan nyaman. Dua jenis transportasi yang paling umum di Singapura adalah MRT ( Mass Rapid Transit / kereta listrik ) dan bus. Dengan dua kendaraan ini kita bisa pergi ke seluruh pelosok Singapura.

Bagi yang baru sampai di Singapura, ada 3 titik masuk ke Singapura:

1. Changi Airport ( Penerbangan dari seluruh dunia )
2. HarbourFront Centre ( Yang datang lewat batam dengan ferry )
3. Woodlands Checkpoint ( Yang masuk dari Malaysia )

Bagi yang masuk dari Changi Airport dan HarbourFront Centre bisa langsung memilih MRT sebagai sarana transportasinya sedangkan yang dari Woodlands biasanya naik bus dan turun di Kranji MRT station.
Kalau anda baru pertama kali ke Singapura, jangan bingung. Papan petunjuk arah di Singapura sangat banyak dan jelas. Jadi anda tidak mungkin kesasar. Jika anda ingin naik MRT carilah logo seperti dibawah ini pada papan petunjuk arah:

MRT

MRT

Ikuti arahnya, anda pasti sampai ke MRT station. Contoh papan petunjuk arahnya seperti difoto berikut ini:

cg2_changi_airport_terminal_2_entrance

Kalau ini kali pertama anda naik MRT, pasti anda kebingungan bagaimana caranya beli tiket. Ada dua cara untuk membeli tiket. Sebelum anda membeli tiket, tentukan dulu tujuan anda kemana. Silahkan klik di peta MRT untuk melihat tempat tujuan anda. Jika anda bingung, berikut panduan singkat cara menggunakan MRT di Singapura.

1. Beli langsung di Mesin Penjual Tiket.

MRT Ticketing Machine

MRT Ticketing Machine

Cari mesin seperti gambar diatas. Jika anda tidak mengerti cara membeli tiketnya, jangan sungkan untuk bertanya. Orang-orang di Singapura sudah sangat familiar dengan turis sehingga mereka akan dengan senang hati membantu anda.

2. Beli tiket biasa atau tiket terusan di Counter Tiket.

Untuk turis disediakan tiket terusan mrt dan bus, tergantung berapa lama anda ingin tinggal di Singapura harga tiketnya akan disesuaikan. Ini adalah cara terbaik untuk bisa traveling tanpa batas di Singapura. Tiket ini bisa digunakan untuk naik kereta dan juga bus. Jadi mau kemanapun kita tidak usah top up (isi ulang) atau membeli tiket lagi, tiket terusan ini hanya ada di stasiun-stasiun MRT tertentu (baca artikel Tiket Terusan MRT dan Bus di Singapura). Untuk tiket biasa bisa dibeli dimana saja dan anda harus deposit uang yang nantinya bisa diambil kembali sewaktu anda mengembalikan tiket tersebut.

Setelah anda beli tiket, anda tempelkan tiket tersebut pada sensor tiket di pintu masuk yang akan anda masuki lalu pintu akan otomatis pintu akan terbuka.

contactless_smartcardticket-tap-in

Cara yang sama jika anda ingin naik bus. Biasanya anda tinggal ikuti saja cara-cara penumpang yang naik duluan sebelum anda. Akan tetapi jika sampai cuma anda sendirian yang naik dan tidak tahu caranya. Anda cari tempat sensor tiket seperti foto dibawah ini:

ez link card reader

ez link card reader

Tempelkan tiket anda sampai sensor tersebut berbunyi. Apabila anda tidak memiliki tiket, anda bisa langsung bayar cash kepada si sopir. Anda cukup beritahu tempat yang anda tuju maka si sopir akan menyebut tarifnya. Anda masukkan uang ke kotak koin di dekat si sopir lalu jangan lupa ambil tiketnya. Kalau sampai ada pemeriksaan dan anda tidak memegang tiket tersebut maka anda akan didenda.

Incoming search terms:

  • transportasi umum di singapura
  • biaya transportasi di singapore
  • changi
  • airport changi
  • tata cara naik mrt di singapore
  • kendaraan umum di singapura
  • transportasi di singapur
  • cara bayar bus di singapura
  • naik bus di singapura
  • panduan transportasi di singapore

Panduan Wisata