Lumba-lumba Hidung Botol di RWS

COurtesy of straitstimes.com

Lumba-lumba merupakan salah satu makhluk hidup ciptaan Tuhan berjenis mamalia yang hidup di air. Hewan yang hidup di perairan laut ini merupakan salah satu hewan yang paling banyak digemari manusia. Hal ini dikarenakan lumba-lumba termasuk hewan yang lucu, baik hati dan memiliki kecerdasan tinggi. Mereka merupakan teman manusia dimana selalu jinak bahkan menolong manusia yang tenggelam di lautan. Mereka juga dikenal sebagai hewan yang cerdas jika dilatih dengan baik, lumba-lumba dapat melakukan berbagai macam hal yang tidak dapat dilakukan hewan air lainnya. Berbagai macam jenis dari makhluk air yang bernafas dengan paru-paru ini. Salah satunya yang paling terkenal yaitu lumba-lumba hidung botol.

Lumba-lumba hidung botol adalah spesies lumba-lumba yang paling umum dan paling dikenal banyak orang. Habitat dari hewan dengan nama latin Tursiops truncatus ini berada di perairan hangat di seluruh dunia dan dapat ditemui di hampir seluruh perairan kecuali Samudra Arktik dan Samudra Selatan. Lumba-lumba hidung botol berwarna abu-abu yang bervariasi dari abu-abu gelap di bagian atas dekat sirip punggung ke abu-abu muda keputih-putihan di bagian bawah. Corak berwarna seperti itu membuat mereka sulit dilihat dari atas dan bawah. Hal ini sangat bermanfaat untuk mereka supaya dapat menghindari musuh-musuh yang membahayakan nyawa. Lumba-lumba hidung botol dewasa memiliki panjang antara 2 sampai 4 meter dan berat dari 150 sampai 650 kilogram.

Selain di perairan hangat seluruh dunia, kini seluruh warga Singapura dapat melihat langsung dan dekat dengan lumba-lumba hidung botol. Negara singa ini akan mengekpor lumba-lumba jenis ini dari Filiphina. Setelah pengadilan Filiphina mengeluarkan izin ekspor, sekitar 25 lumba-lumba dikirim ke Singapura. Setelah dikirim langsung dengan transportasi khusus, lumba-lumba tersebut akan ditempatkan di oceanarium terbesar di dunia, Marine Life Park. Oceanarium yang akan dibuka pada bulan Desember 2012 mendatang ini akan menjadi rumah bagi hewan-hewan lucu ini. Mereka akan bergabung dengan bersama hewan-hewan laut lainnya seperti pari, hiu martil hingga ikan warna-warni. Selain itu, mereka akan dikarantina, dilatih serta beradaptasi sebelum ditampilkan dan diperlihatkan kepada seluruh pengunjung Marine Life Park tahun depan.

Lokasi : Marine life Park™, Resorts World Sentosa

Panduan Wisata

Cara pergi ke sini (?)

( Peta Wisata ) ~Tampilkan Peta~