Jia Jia dan Kai Kai di Wildlife Reserves Singapore

Courtesy of straitstime.com

Panda raksasa adalah beruang hitam-putih yang hidup di zona beriklim-hutan bambu di Cina Tengah. Hewan yang satu ini termasuk salah satu hewan langka di dunia yang perlu dilindungi kelestariaannya. Sesedikitnya 1.600 panda raksasa bertahan hidup di hutan pegunungan di Cina tengah. Lebih dari 300 panda hidup di kebun binatang dan pusat penangkaran di seluruh dunia tetapi sebagian besar panda berada di Cina. Kelangkaan dari hewan lucu ini diakibatkan dari ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Mereka dengan semena-mena memburu hewan pemakan bambu ini. Panda raksasa memiliki nafsu tak terpuaskan ketika memakan bambu. Dibutuhkan 12,5 kilogram bambu untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari panda raksasa. Dengan lahap hewan ini mencomot batang dengan tulang pergelangan tangan memanjang yang berfungsi seperti jempol pada manusia. Panda raksasa sering terlihat makan dalam posisi duduk santai dengan kaki belakang mereka terbentang di depan mereka. Mereka mungkin tampak menetap, tetapi mereka juga terampil mendaki pohon dan berenang.

Berita terbaru dari Wildlife Reserves Singapore yang baru saja mengumumkan bahwa mereka mendapatkan dua dari hitam-putih manis beruang yang berasal dari Cina. Masing-masing panda tersebut diberi nama Kai Kai (jantan) dan Jia Jia (betina). Kedua panda tersebut sampai pada tanggal 6 September dari China’s Ya’an Bifengxia Panda Base. Mereka akan ditempatkan di sungai Yangtze bersama dengan satwa langka lainnya dari Cina seperti salamander raksasa dan panda merah. Kedua panda tersebut diangkut dengan Singapore Airlines Cargo Boeing 747. Untuk memastikan kenyamanan kedua panda raksasa tersebut selama lima jam penerbangan, suhu pesawat akan ditetapkan dalam kondisi yang disamakan dengan habitatnya. Selain itu, selama penerbangan disiapkan juga makanan dalam bentuk bambu, buah dan air. Tidak hanya itu, kedua panda tersebut didampingi oleh tim dokter hewan dan penjaga dan diangkut dalam peti khusus dengan ventilasi dan ruang yang cukup sehingga mereka dapat bergerak cukup nyaman.

Setelah mendarat di bandar udara internasional Changi, Kai Kai dan Jia Jia dipindahkan ke sebuah truk dengan pengontrol suhu. Mereka melakukan perjalanan menuju sungai Yangtze yang terletak di ke River Safari. Disana, mereka dipindahkan ke blok untuk memulai karantina selama sebulan. Hal ini bertujuan agar kedua panda tersebut mengeksplorasi dan membiasakan diri dengan lingkungan baru mereka. Pada bulan Desember kedua panda lucu yang satu ini diperkenalkan kepada publik untuk pertama kalinya di Singapura. Kai Kai dan Jia Jia akan tinggal di Singapura selama 10 tahun sebagai bagian dari kerjasama antara China Wildlife Conservation Association dan Wildlife Reserves Singapore. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang konservasi satwa liar dan mengembangkan program pemuliaan.

Lokasi : Wildlife Reserves Singapore

Incoming search terms:

  • hewan langka di dunia
  • panda di singapore
  • hewan langka singapura
  • hewan pemakan anak bambu

Panduan Wisata

Cara pergi ke sini (?)

( Peta Wisata ) ~Tampilkan Peta~