Bukit Timah Nature Reserve

Dideklarasi sebagai Taman Warisan ASEAN pada 18 Oktober 2011, Bukit Timah Nature Reserve berhasil menjadi salah satu tapak perjalanan wisata baru bagi wisatawan pecinta alam. Lokasinya berada di 177 Hindhede Drive Singapura dan buka setiap pagi sejak pukul 06.00 hingga 19.00. Untuk masuk kesini, pengunjung tidak akan dipungut biaya apapun. Taman ini mulai dibangun pada tahun 1883. Kemudian pada tahun 1951 taman ini mendapatkan pengawasan yang jauh lebih ketat. Hingga pada tahun 2005 secara resmi dilindungi oleh pemerintah melalui Parks & Trees Act 2005.

Berada di lahan seluas 3,043 hektar, Bukit Timah Nature Reserve menjadi taman terbesar yang ada di seluruh penjuru Singapura. Bersama dengan Sungei Buloh Wetland Reserve, taman ini resmi menjadi salah satu bagian dari 30 area yang dilindungi oleh pemerintah. Tentu saja seluruhnya membentuk spektrum jantung ekosistem alami di ASEAN. Lokasinya memang tidak tersentuh dan bebas dari polusi.

Disini terdapat jalur penjelajahan, ketika tiba disini pengunjung akan merasakan sensai keadaan seperti saat Sir Stamford Raffles tiba di Singapura. Beberapa bagian merupakan hutan tropis dan beberapa bagian merupakan tempat reservasi dan pengembang-biakkan. Disini merupakan pusat dari 4 waduk, yaitu MacRitchie Reservoir, Lower Peirce Reservoir, Upper Peirce Reservoir, dan Upper Seletar Reservoir. Disini, pengunjung diperbolehkan untuk memanjat bahkan untuk lebih dari 30 orang. Bagi mereka yang ingin tahu lebih banyak, disini disediakan paket tour edukasi termasuk penjelasan informasi oleh pemandu hingga aktivitas berfoto.

Bahkan, taman ini memiliki bukit tertinggi di Singapura dengan ketinggian mencapai 163.63 meter. Di dalamnya, terdapat berbagai macam varietas flora dan fauna yang beragam. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan sedikitnya 500 spesies hewan dan 840 flora (tumbuhan dan bunga) yang tumbuh di area taman ini. Jika ingin melihat salah satu pohon besar, maka disini biasa ditemukan Seraya (Shorea curtisii). Ada pula salah satu jenis durian unik dengan nama ilmiah Neesia synandra. Berbicara tentang fauna, disini terdapat beberapa spesies langka. Jangkrik hutan, tupai terbang, colugo, dan kepiting air misalnya, tampak hidup dengan nyaman disini.

Jam Buka : 06.00 -19.00
Tiket Masuk : Gratis
Lokasi : 177 Hindhede Drive Singapore

Incoming search terms:

  • bukit tertinggi di singapura
  • bukit timah nature reserve
  • timah hill terdapat di singapura bagian
  • bukit tertinggi singapura adalah
  • bukit tertinggi singapura
  • bukit timah
  • timah hilli terdapat di singapura bagian
  • Timah hill terdapat di singapura bagian?
  • timah hill terdapat di negara
  • NAMA FLORA DI SINGAPURA

Panduan Wisata

Cara pergi ke sini (?)

( Peta Wisata ) ~Tampilkan Peta~