Cara / Tips Mendapatkan Tiket Penerbangan Murah

Untuk mendapatkan harga tiket penerbangan yang murah itu sama seperti berjudi. Pernah saya (penulis) berpendapat bahwa membeli tiket dari jauh hari sebelum penerbangan akan jauh lebih murah. Akhirnya saya memutuskan membeli 6 bulan sebelum keberangkata, kebetulan ada promo tiket penerbangan murah dari salah satu maskapai penerbangan. Setelah saya beli beberapa minggu setelah promo yang pertama berakhir, mereka ternyata memberikan promo yang lebih murah. Sungguh sial, padahal saya sudah terlanjut membeli tiket. Bedanya cukup lumayan juga, sekitar setengahnya. Jadi untuk menyiasati membeli tiket murah juga gampang-gampang susah.

Bila ada acara dadakan, biasanya 2 minggu sebelum hari H penerbangan para maskapai penerbangan akan menjual murah kursi-kursi yang masih kosong. Jadi kalau mau mencari tiket yang murah, ya minimal 2 minggu sebelum hari H terbang.

Beberapa tips berikut ini bisa memandu anda untuk mendapatkan tiket penerbangan yang murah:

1. Daftarkan nama dan email anda di newsletter disetiap website penerbangan yang ada untuk mendapatkan berita promo tiket murah. Berikut penerbangan budget airline yang melayani rute Indonesia – Singapura.

- AirAsia
- Jetstar
- LionAir
Kalau mau beli tiket jangan sungkan untuk sedikit “kiasu” (istilah orang Singapura buat orang-orang yang itungan banget), bandingin harga dari seluruh penerbangan. Jaman sekarang kan gampang, kita bisa cek semuanya via internet. Coba juga bandingin sama penerbangan kelas bisnis, siapa tau mereka lagi sale tiket murah.
- Garuda Airlines
- Singapore Airlines
- Tiger Airways
- QATAR AIRWAYS

2. Membeli tiket secara online. Biasanya penerbangan hanya melayani pembelian tiket murah secara online yang artinya kita harus membayar memakai kartu kredit atau via transfer. Untuk itu siapkanlah kartu kredit anda.

3. Hindari penerbangan di hari jumat atau minggu karena pada hari tersebut banyak pengusaha / orang-orang yang memiliki keperluan bisnis yang sedang pulang / pergi ke Singapura.

4. Pilihlah jadwal penerbangan yang paling pertama atau paling terakhir karena pasti lebih murah, biasanya penerbangan yang jatuh pada jam 6 pagi atau 12 malam.

5. Bandingkan antara tiket one-way dengan two-way / return. Biasanya harga two-way / return / pulang-pergi akan lebih murah karena seperti halnya kita membeli paket, dengan demikian kita mendapat diskon.

6. Ini aturan yang semua orang pastinya tahu. Hindari berpergian disaat high season (saat liburan). Jika memang ingin berpergian saat high season, pesanlah tiket dari jauh hari. Tiket dijamin 1000% (sudah bukan 100% lagi) akan jauh lebih murah.

7. Waspadai taxes and fees yang diterapkan Airasia juga airport tax di tiap negara. Ada perbedaan yang mencolok antara bandara satu dengan yang lain. Lihatlah rincian biaya yang harus dibayarkan, apakah sudah termasuk airport tax, karena kalau tidak kita harus menyiapkan uang ekstra.

8. Cari alternatif kombinasi rute keberangkatan, misalnya jika pergi dari Singapore ke Bangkok sudah penuh atau mahal, coba rute dari Johor Bahru ke Bangkok, biasanya lebih murah.

9. Gunakan portal web pencari tiket murah, seperti tiketmurah.panduanwisata.com dengan portal tersebut anda bisa membandingkan harga dari seluruh penerbangan yang ada untuk kota asal dan tujuan yang anda inginkan. Dengan demikian anda bisa mendapatkan tiket yang paling murah.

*Tips 7,8 dan 9 didapat dari blog Pak Budi Sulis

Incoming search terms:

  • cara mendapatkan tiket murah
  • cara mencari tiket murah
  • penerbangan murah ke bangkok
  • cara dapat tiket murah air asia
  • cara dapat tiket murah
  • cara mencari tiket promo
  • cara beli tiket murah
  • cara cari tiket murah
  • cara mendapatkan tiket promo
  • tiket penerbangan murah ke singapura

Panduan Wisata